Langsung ke konten utama

Terasi Juwana | Alami | Tahan Hingga 1 Tahun

udang rebon

Terasi Juwana. Juwana adalah bagian dari wilayah kabupaten Pati. Merupakan kota pesisir yang sangat produktif dengan berbagai jenis produk lokal yang dihasilkan, mulai dari produk kerajinan kuningan, batik tulis, garam, hasil tangkapan laut, serta berbagai produk olahan seperti bandeng presto dan terasi. Terasi juwana terkenal sedap dan merupakan salah satu produk unggulan propinsi Jawa Tengah yang dipasarkan ke penjuru nusantara.

Terasi adalah salah satu bumbu dapur penyedap rasa yang alami tanpa tambahan bahan kimia. Terasi merupakan bumbu wajib dan rasanya ada yang kurang jika masakan anda tanpa menggunakan terasi. Di Juwana terasi sudah menjadi produk unggulan sejak dulu. Kota kecil ini merupakan daerah pesisir yang memiliki hasil panen laut melimpah dan salah satunya merupakan bahan baku terasi.

Produksi terasi Juwana merupakan industri rumahan. Dibuat secara manual dan asli tanpa campuran bahan-bahan lain. Secara rasa dan kualitas terasi Juwana lebih enak dibandingkan dengan terasi dari daerah lain, karena bahan yang digunakan serta proses pembuatannya yang berbeda.

Terasi juwana memiliki rasa yang enak dan mampu bertahan hingga satu tahun. Diungkapkan dari Kabar Kota Pati, Rahasia terasi Juwana yang enak dan awet terletak pada bahan dan cara pengolahannya. Pertama, rahasia pada bahan. Bahan terasi adalah dari udang rebon (udang yang bentuknya kecil-kecil). Rebon ada dua jenis yaitu rebon dari tambak dan rebon dari laut. Rebon dari tambak memiliki cita rasa yang lebih nikmat daripada rebon dari laut, karena rebon tambak memiliki kadar garam yang lebih rendah dan diolah dalam kondisi masih segar. Berbeda dengan rebon laut yang kadar garamnya lebih tinggi biasanya menunggu lama sebelum diproses menjadi terasi. Kebanyakan terasi Juwana diolah dari rebon tambak karena basis masyarakat sebagai petani tambak.

Kedua, rahasia keawetan terasi Juwana adalah terletak pada cara pembuatan. Proses pembuatan terasi Juwana memakan waktu yang lebih lama karena lamanya penjemuran dan proses fermentasi. Agar terasi Juwana awet penjemuran harus dilakukan secara berulang-ulang dibawah sinar matahari. Selanjutnya adalah tahap fermentasi, proses fermentasi terasi Juwana tidak menggunakan bahan kimia apapun. Lamanya fermentasi mulai dari 6 bulan hingga 2 tahun. Proses fermentasi  akan mempengaruhi bentuk tekstur, warna, cita rasa serta keawetan dari terasi itu sendiri. Semakin lama di fermentasi atau semakin lama umurnya akan semaki enak rasanya. Terasi yang difermentasi hingga 2 tahun lebih, teksturnya lebih halus, warnanya hitam, dan rasanya lebih enak. Proses fermentasi ini termasuk proses yang ada di daerah Juwana dan tidak dilakukan di daerah lain.

Secara rasa dan kualitas terasi Juwana lebih enak dibandingkan dengan terasi dari daerah lain, karena bahan yang digunakan serta proses pembuatannya yang berbeda. Untuk menjaga mutu dan kualitas produk, para masyarakat produsen terasi Juwana sangat memperhatikan bahan yang bermutu tinggi, menjaga kebersihan saat proses pembuatan, serta pengemasan produk yang higinis.

Terasi juwana terkenal enak dan sedap merupaka produk lokal unggulan yang alami, sehat, dan pangsa pasarnya  hampir dikenal di berbagai pelosok nusantara. Jika anda melewati jalur pantura timur, tepatnya antara Semarang-Surabaya, jangan lupa berkunjung ke Juwana untuk membeli oleh-oleh terasi sedap nan nikmat. Atau Jika anda tidak ingin repot-repot datang kesana, anda bisa menghubungi kami ke nomor  dibahwah ini.

Anda tidak perlu khawatir jika terasinya tidak habis dalam satu hari atau satu minggu bahkan satu bulan. Satu tahun pun tidak apa-apa. Karena terasi Juwana terbuat dari bahan alami, tidak menjamur dan tidak beracun. Semakin lama disimpan rasanya semakin enak karena sama dengan difermentasi secara alami.

Jika anda berminat, kami menyediakan terasi  Juwana dengan kualitas terbaik, diolah dari bahan udang rebon berkualitas tinggi, dan harga terjangkau. kami melayani pembelian dalam jumlah kecil untuk konsumsi rumah tangga maupun dalam jumlah besar untuk dijual kembali.


Nomor kontak kami: 0822-2014-1745.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Terasi Terbaik

Cara membuat terasi terbaik .  Anda suka makan sambal? Sama, saya juga. hehe.. untuk membuat sambal yang enak, gurih, dan lezat rahasianya terletak pada terasinya. Ya, bumbu dapur yang satu ini memang sangat berpengaruh dalam menciptakan sambal yang gurih dan nikmat.  Selain itu terasi biasanya juga digunakan sebagai bumbu dalam masakan sayur maupun tumis. Semakin bagus kualitas bumbu terasi maka semakin nikmat pula masakan yang dihasilkan, ini memang sudah menjadi rahasia umum, baik bagi kalangan ibu-ibu rumah tangga, usaha rumah makan, maupun restoran sekalipun. Untuk itulah bagi anda yang menginginkan hasil masakan terbaik tentu harus mengunakan bahan-bahan dan bumbu yang berkualitas tinggi terutama terasi. Nah, berikut ini akan kami bagikan sedikit tips dan pengalaman kami dalam membuat terasi terbaik yang patut dicoba dan semoga bermanfaat bagi anda. Langsung saja, hal yang harus diperhatikan untuk menghasilkan terasi dengan kualitas terbaik adalah pada bahan serta

Cara Memilih Terasi Berkualitas

Cara memilih terasi.   Menentukan kualitas terasi bagi orang yang sudah terbiasa memang bukanlah hal yang sulit dilakukan, namun bagi orang awam kebanyakan akan merasa kebingungan membedakan mana terasi yang bagus dan kurang bagus. Bagi para pembeli dipasar biasanya hanya asal percaya pada penjual dan kadang-kadang kecewa karena ternyata terasinya jelek. jika dilihat sepintas memang sangat sulit untuk membedakan, padahal triknya sangat sederhana dan mudah sekali jika kita sudah paham. Bagi anda yang kesulitan dalam memilih terasi, tidak perlu khawatir berikut akan kami paparkan secara gamblang bagaimana memilih terasi yang bagus dan sehat hanya dengan mengamati secara sepintas saja. Standar Kualitas Terasi  Kualitas terasi yang beredar di pasaran sangat ditentukan oleh mutu bahan baku, proses pengoalahan dan pengemasan produk. Untuk mengetahui ciri-ciri umum baik buruknya terasi salah satunya bisa lihat dari warna, tekstur atau bentuk, serta bau atau aroma. Warna